POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT
Narasumber : H. Imron Rosidi, M. Pd
Moderator : Mr. Bams
Malam ini belajar menulis yang sangat melelahkan bagi saya, setelah berjibaku selama kurang lebih dua minggu mempersiapkan persiapan akreditasi sekolah. Dan tadi sore menjelang magrib alhamdulillah akreditasi beres, serasa "betus bisul" Plong meski hasilnya belum terlihat, kelar aja dulu. Dilanjutkan dengan menulis resume, meski badan ringsek tapi ini merupakan kewajiban bagi setiap peserta menulis untuk tetap menjaga komitmen sampai akhir pertemuan ke 30 nanti.
Siapa pun bisa menulis asal mau, apalagi bagi seorang guru menulis bukanlah hal baru, guru biasa menulis kelengkapan sekolah. Dari rpp, silabus, program semester program tahunan dan lain sebagainya. Itu sudah modal dasar untuk bisa menulis.
Kemampuan menulis sendiri merupakan faktor yang sangat penting dalam proses menyusun sebuah buku apa pun. Tanpa kemampuan tersebut seorang guru pastinya tak akan mampu membuat buku yang baik. Berbahagialah bagi PNS yang berada di BM ini kesempatan naik pangkat terbuka lebar. Meski saya bukan seorang PNS, dan tidak pernah naik pangkat he,,he,,,, kebahagiaan tetap menyelimuti diri, Ilmu cara mendapatkan poin buku untuk kenaikan pangkat tetap di dapat, sungguh sangat luar biasa.
Malam ini pertemuan ke 24 dengan moderator mr. Bams dan Narasumber yang membersamai kami bapak Dr Imron Rosidi Beliau saat ini sebagai kepala SMA 1 Bangil, dan bagian dari tim penilai pangkat guru pusat dari golongan IVb keatas dan juga sebagai ketua tim penilai Propinsi jawa Timur. akan membahas tuntas tentang cara mendapatkan poin buku pada kenaikan pangkat PNS juga bagaimana cara menyusun buku yang berasal dari penelitian.
Naik pangkat itu mudah. asal kita mampu memenuhi unsur publikasi ilmiah dan karya inovatif ada 10 jenis PI dan 4 jenis KI. semua bisa kita penuhi apabila kita memiliki kemampuan menulis dan meneliti
Tiga Unsur Dalam Kenaikan Pangkat
- Pengembangan diri
- Publikasi Ilmiah
- Karya Inovasi
Pengembangan diri diperoleh dari kegiatan kolektif guru (KKG, MGMP) dan diklat fungsional guru. Diklat fungsional guru hrs dipilih agar bisa dinilai, yaitu yg diadakan oleh PT, lembaga diklat resmi, organisasi profesi guru. Pengajuannya dg mengusulkan laporan pengembangan diri yg dilampiri surat tugas dan sertifikat
1. Pengembangan Diri ada 10 jenis.
- Presentasi di forum ilmiah
- Laporan hasi penelitian (TPK0
- Tinjauan Ilmiah
- Tulissan Ilmiah Populer
- Artikel Ilmiah
- Buku pelajaran
- Modul/diklat
- Buku dalam bidang pendidikna
- Karya terjemahan
- Buku pedoman guru
3. . Karya Inovasi ada 4 jenis
- Melakukan tekhnologi tepat guna
- membuat atau memodifikasi alat pelajaran/ peraga / praktikum
- Mengikuti pengembangan penyusunnan standar, pedoman soal, dan sejenisnya pada tingkat nasional
- Menemukan atau menciptakan karya seni
Buku Untuk kenaikan pangkat
1. Publikasi Ilmiah
- Buku hasil penelitaian
- Buku pelajaran
- Buku pengayaan
- Buku pedoman guru
- Buku Kumpulan Puisi
- Buku kumpulan cerpen
- Buku Novel
Angka Kredit Buku
1. Buku Hasil Penelitian
- Berupa buku yang diterbitkan berISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP AK 4
2. Buku Teks Pelajaran
- Buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu.
- BSNP. AK 6 berISBN AK 3 tidaak berISBN AK 1
Buku Bidang Pendidikan
- Buku dalam bidang pendidikan merupakan buku yang berisi penegtahuan terkait dengan bidang kependidikan
- Buku yang dicetak dan diterbitkan berISBN AK 3
- buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum berISBN AK 1,5
Cara Mengubah Laporan Penelitian Menjadi Buku BerISBN
Sistematika PTK
BAB I PENDAHULUAN
BAB 11 KAJIAN TEORI
BAB 111 METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V PENUTUP
Sistematika BUKU
BAB I PENDAHULUAN (DITULIS DARI BAB I DAN II)
A. Latar belakang masalah
B. Tinjauan pustaka
C. Kerangka Teori
- Teori A
- Teori B
BAB II PENDEKATAN KAJIAN (DITUKIS DARI BAB III LAP PENELITIAN)
A. Lokasi Penelitian
B. Subjek dan Informasi Penelitian
C. Pendekatan kajian
D. Tehkhnik Analisa Data
BAB III GAMBARAN UMUM SISWA KELAS II TEKNIK KONSTTRUKSI BANGUNAN SMK 7 SEAMRANG (DARI BAB IV)
A.Kondisi Sosial ekonomi siswa
B. Prestasi Akademi siswa
C. prestasi non Akademi siswa
BAB IV PENGGUNAAN CD INTERAKTIF DAN PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD (DARI BAB IV)
A. Hasil Siklus 1 dan Aaanalisa
B. Hasil Siklus II dan Analisa
BAB V PENUTUP
Uraian simpuan dan saran
Masya Allah, super sekali Bu Ketua ,masih bertahan terdepan n terbaik
BalasHapusMantaaaaap bu Mut ... salutttt Yamaha selalu di depan ya buuu ....
BalasHapusLengkap ini mah, ,
BalasHapusKetua kelas memang juaranya
Saya jadikan referensi PTK
BalasHapusSelalu mantap bunda
BalasHapusbagus lengkap
BalasHapusMantap siap menuju buku solo utk resume ini bun
BalasHapusKeren rapi lengkat mbak Imut slalu terdepan
BalasHapusMantap👍👍
BalasHapus
BalasHapusTerdepan Yamaha gel. 24
Keren pakai banget bunda Emuet
BalasHapus